Minggu, 22 Februari 2015

Sampai umur berapakah sebaiknya bayi diberikan "ASI"


momnkiddy - Banyak ibu-ibu terutama para ibu muda yang belum tahu dan selalu bertanya-tanya mengenai berapa lamakah ASI sebaiknya diberikan, atau sampai umur berapakah sebaiknya seorang ibu menyusui bayinya. Sebenarnya menurut Al Quran sudah dijelaskan bahwa sebaiknya para ibu menyusui anaknya sampai berumur 2 tahun. Sebagaimana isi dari surat Al Baqarah ayat 233 yang bunyinya sebagai berikut :

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”  (Al-Baqarah: 233)

Ternyata menurut beberapa penilitian para ahli gizi telah banyak menyimpulkan manfaat dari lamanya menyusui bayi ini. Bahkan WHO merekomendasikan ASI eksklusif selama enam bulan dan kemudian dilanjutkan ASI dengan dikombinasikan makanan padat selama 12-24 bulan atau selama ibu dan bayi menginginkanya. Berikut ini adalah pejelasan tentang apa manfaat ASI eksklusif yang diberikan pada usia dan tahap kehidupan bayi:

Menyusui pada bayi yang baru dilahirkan beberapa hari.
Pada saat memberikan ASI pada bayi yang berumur beberapa hari akan membuat bayi menerima kolostrum yang berguna sebagai penyedia antibodi dan sumber makanan tubuh barunya, menyusui membantu bekerjanya sistem pencernaan menjadi lancar.

Menyusui pada bayi berumur 4-6 minggu.
Selain anak akan mendapat pengalaman yang tidak dilupakan saat masa dia kecil, bayi yang menkonsumsi ASI akan lebih rentan terhindar terkena penyakit dari pada yang tidak menkonsumsinya.

Menyusui pada bayi berumur 3-4 bulan.
Sistem pencernaannya akan sempurna dan dia akan jauh lebih mampu mentolerir zat asing dalam susu bayi formula. tidak memberikan apapun selain ASI selama 4 bulan pertama akan melindungi bayi terhadap alergi dan memberikan perlindungan terhadap infeksi telinga selama satu tahun.

Menyusui pada bayi berumur 6 bulan.
Tanpa perlu menambah makanan atau minuman lain anda akan memastikan kesehatan yang baik sepanjang tahun pertama bayi anda hidup, ini akan menghindarkan resiko anak dari infeksi telinga dan kanker dan mengurangi resiko kanker payudara untuk anda sendiri.

Menyusui pada bayi berumur 9 bulan.
Manfaat untuk perkembangan otak dan tubuh tercepat yang paling penting dalam hidupnya karena mendapatkan asupan ASI yang cukup.

Menyusui pada bayi selama 1-2 tahun.
Dengan memberikan ASI pada bayi anda selama 1-2 tahun maka dapat mengurangi biaya dan efek samping dari menggunakan susu bayi formula. Selain itu pemberian ASI bagi bayi berumur satu sampai dua tahun akan mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental anak. Bayi yang diberi ASI menunjukkan perkembangan yang lebih baik dengan IQ yang lebih tinggi dari pada anak-anak yang tidak diberi ASI eksklusif. Nutrisi kunci yang sangat penting untuk kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan anak. Manfaat lainya yaitu untuk kesehatan anak itu sendiri karena menyusui selama setahun akan berguna sepanjang hidupnya. Dia akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. 

Dalam Hadis juga dijelaskan bahwa bahwa hukuman bagi ibu yang tidak mau menyusui anaknya padahal dia mampu sangat berat. Yaitu disiksa di neraka: Rasulullah SAW bersabda,
“Tiba-tiba aku melihat para wanita yang payudara-payudara mereka dicabik-cabik ular yang ganas. Maka aku bertanya: ‘Kenapa mereka?’ Malaikat menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)’. ” (HR Al-Hakim) – Asy-Syaikh Muqbil rahimahullaah dalam Al-Jami’ush Shahih berkata: “Ini hadits shahih dari Abu Umamah Al-Bahili”.

Bagi anda yang mengalami masalah yaitu produksi ASI yang sedikit, dapat membaca artikel mengenai cara memperbanyak produksi asi dengan obat dari tanaman herbal - momnkiddy.tk

Sampai umur berapakah sebaiknya bayi diberikan "ASI" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: bloggersemarang

0 komentar:

Posting Komentar