Sabtu, 28 Maret 2015

Sejarah Tentang Asal Usul Penemuan Stethoscope littmann Binaural

Momnkiddy - Sthetoscope adalah salah satu kelengkapan medis yang sangat penting, karena dapat berfungsi untuk membantu para petugas medis seperti dokter, perawat maupun bidan untuk mendengarkan suara-suara organ tubuh, sistem peredaran darah, jantung, paru-paru dan yang lainnya dalam tubuh sehingga menjadi lebih jelas. Stetescope ini sudah menjadi semacam atribut wajib bagi para dokter, biasanya para dokter menggantungkannyadi leher, selain itu alat ini juga menjadi simbol yang paling dikenal dari profesi kesehatan, seperti perawat, dokter maupun bidan.

Lalu tahukah bunda, sejak kapankah stethescope ini digunakan?

Sthetoscope pertama kali digunakan oleh Hippocrates pada tahun 350 sebelum masehi, Saat itu ia menciptakan dalam benruk corong kecil yang ditempatkan ke telinga secara langsung dan diarahkan ke dada pasien untuk mendeteksi akumulasi cairan yang ada didalam dada pasien.

sthetoscope-binaural-pertama-buatan-rene-theophile-hycinthe-laennec
Stethoscope kayu dr. Rene Theophile Hycinthe Laennec

Pada abad ke 16, seorang ahli bedah bernama Ambroise Pare memakai botol yang diisi air setengah untuk mendeteksi getaran di dalam dada manusia. Kemudian pada tahun 1816 seorang dokter yang berasal dari perancis, bernama Rene Theophile Hycinthe Laennec mengembangkannya dari 24 lembar kertasyang digulung dengan bentuk mengerucut. Ujung gulungan kertas yang kecil ditempel di telinga dan ujung yang besar ditempel di dada pasien.

Dua tahun kemudian dr. Rene Theophile memperbaharui stethoscope ciptaannya dengan membuatnya dari sepotong kayu, dimana salah satu ujungnya terdapat lubang untuk menempatkan didekat telinga dan ujung lainnya berbentuk cekung.

Pada tahun 1851 Arthur Leared mengembangkan lagi dengan menambahkan daun telinga lebar diujung stethoscope, yang berfungsi untuk menambah kepekaan dalam mendeteksi suara organ tubuh dalam pasien.

Tahun 1940 Rappaport Sprague mengembangkan desain stethoscope menjadi 2 jenis, yaitu srtethoscope monaural dan binaural panjang 12 inchi dan 1,5 inchi dengan diameter 0.38 inchi.

Selanjutnya pada tahun 1963 dr. David Littman berhasil mengembangkan lagi stethoscope dengan kemampuan menangkap suara akustik lebih jelas, kemudian mematenkannya menjadi Stethoscope Littman, sampai seperti seperti stethoscope yang kita lihat selalu menggantung di leher para dokter, perawat maupun bidan sekarang ini.

Sejarah Tentang Asal Usul Penemuan Stethoscope littmann Binaural Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar