Jumat, 25 September 2015

Berikut ini Manfaat dan Kandungan colostrum yang jarang diketahui ibu menyusui

Momnkiddy - Pengertian atau definisi Colostrum adalah cairan pertama yang disekresi oleh kelenjar payudara. colostrum juga disebut sebagai ASI stadium I dari hari pertama sampai hari keempat atau ketujuh setelah bayi dilahirkan. Colostrum bermanfaat sebagai cairan pelindung yang kaya akan zat anti infeksi dan berprotein tinggi.

Kolostrum penuh dengan kandungan zat antibody (zat pertahanan tubuh untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh) dan immunoglobulin (zat kekebalan tubuh untuk melawan infeksi penyakit). Kolostrum mengandung zat kekebalan 10-17 kali lebih banyak dari susu matang (mature). Zat kekebalan yang terdapat pada ASI akan melindungi bayi dari penyakit diare. 

manfaat penting colostrum yang jarang diketahui Ibu-Menyusui

Kekebalan bayi akan bertambah dengan adanya kandungan zat-zat dan vitamin yang terdapat pada air susu ibu tersebut. Cairan colostrum berwarna kuning keemasan yang disebabkan oleh tingginya komposisi lemak dan sel-sel hidup. Setelah persalinan volume kolostrum akan meningkat dan bertambah dengan adanya isapan bayi baru lahir secara terus menerus. Hal ini yang mengharuskan bayi setelah lahir harus segera ditempelkan ke payudara ibu, agar bayi dapat sesering mungkin menyusui. 

komposisi dan Kandungan dari kolostrum antara lain:

  •  Protein sebesar 8,5% 
  •  Lemak sebesar 2,5% 
  •  Karbohidarat sebesar 3,5% 
  •  Garam dan Mineral sebesar 0,4% 
  • Air sebesar 85,1% 
  • Vitamin A,B,C,D,E, dan vitamin K dalam jumlah yang sangat sedikit. 
  • Leukosit (sel darah putih) 
  • Sisa epitel yang mati. 

Sayangnya kandungan Colostrum yang sangat baik bagi nutrisi bayi baru lahir ini jarang diketahui ibu menyusui sehingga banyak ibu  dimasa setelah persalinan tidak memberikan kolostrum kepada bayi baru lahir karena pengetahuan mereka tentang manfaat dan kandungan kolostrum yang kurang. 


Tag : #good health colostrum, #colostrum milk powder, #colostrum powder, #bovine colostrum, #colostrum benefits, #colustrum, #milk thistle, #lactoferrin, #bodybuilding supplements, #colostrom, #collostrum, #breast feeding milk, #protein supplements, #clostrum, #resveratrol side effects, #breastfeeding benefits, #protein milk

Berikut ini Manfaat dan Kandungan colostrum yang jarang diketahui ibu menyusui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar