Jumat, 09 Oktober 2015

Cara menghilangkan stretch mark secara alami pada saat hamil dan setelah melahirkan

Tipshamilmenyusui - Bekas guratan atau Strech Mark ini biasanya berwarna putih lalu akan berubah menjadi merah atau hampir coklat kehitaman pada kulit. Stretch mark muncul karena kulit mengalami peregangan, sedangkan elastisitas kulit tidak mampu menangani peregangan yang terjadi. Akibatnya, kulit menjadi seperti pecah dan timbul garis-garis atau guratan-guratan. Pada ibu hamil biasanya strech mark muncul di daerah perut yang utamanya, atau disekitar lengan dan paha dimana biasanya sering terjadi penumpukan lemak disana.

Pada wanita yang sedang hamil dan menyusui munculnya tanda garis garis putih atau strech mark pada kulit perut dianggap dapat merusak kecantikan kulit. Tentunya hal ini akan membuat para wanita menjadi merasa tidak nyaman. Strech mark ini sering muncul pada wanita yang sedang hamil karena kulit perut akan membentang sangat besar dalam waktu yang relatif cepat disebabkan janin yang selalu tumbuh dan berkembang sehat setiap bulannya. 

cara menghilangkan tanda garis strech mark gatal di perut saat kehamilan

Selain itu hormon glukokortikoid yang merupakan hormon yang mempengaruhi dermis (lapisan tengah kulit) yang bertugas untuk memproduksi kolagen dan serat elastis menjadi sedikit terganggu pada saat kehamilan. Sehingga kulit menjadi kehilangan elastisitasnya dan akhirnya akan membuat kulit pecah bahkan lebih tipis.

Lalu bagaimanakah caranya untuk mengatasi masalah strech mark ini, kita akan membahasnya lebih lanjut. Karena ibu hamil sangat rentan terhadap bahaya obat-obatan dan hal-hal yang berbau kimiawi maka kita akan membagi tips menghilangkan gari-garis di bagian tubuh dengan cara yang alami.

Cara menghilangkan Stretch Mark secara aman dan alami

1. Dengan banyak mengkonsumsi Vitamin E
Pijat seluruh tubuh dengan minyak yang kaya vitamin E sebelum mandi. Jika Anda kehabisan minyak, Anda bisa menggunakan dua kapsul vitamin E yang dibongkar dan mengusapkan langsung ke kulit Anda. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E atau makanan seperti kacang kedelai, wortel, paprika merah atau kuning, tomat, dan oatmeal.

2. Dengan mengoleskan Cocoa butter di kulit
Oleskan lotion yang kaya mentega kakao pada seluruh permukaan kulit yang mengalami. Konten tersebut kuat untuk menyamarkan stretch mark. Terapkan cocoa butter sebanyak 3-4 kali sehari, terutama setelah mandi. Karena, pada saat itu kulit masih lembab sehingga lotion akan lebih mudah diserap oleh kulit.

3. Dengan masker Susu dan putih telur
Selain vitamin E dan cocoa butter, susu dan putih telur juga berkhasiat untuk menghilangkan stretch mark. Jika Anda tidak tahan dengan bau putih telur, tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E, lavender, castor, atau almond, lalu oleskan campuran tersebut ke permukaan kulit sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dicuci. Lalu, gosok cocoa butter lotion di seluruh tubuh

4. Shea butter
Anda juga dapat memilih shea butter lotion yang kaya akan vitamin E dan A. Selain diyakini dapat menghilangkan stretch mark, lotion ini juga dapat membuat kulit lembut dan lentur bak kulit bayi. Oleskan lotion sebanyak dua sampai tiga kali sehari, terutama setelah mandi.

5. khasita bubuk Kopi untuk masker kulit
Bubuk kopi juga bisa menjadi masker exfoliating yang efektif. Caranya, giling biji kopi dan tambahkan beberapa butir gula. Campur dengan baby lotion dan gosok perlahan pada kulit yang terlihat nya stretch mark. Jangan menekan, karena mungkin bisa membuat kulit melepuh. Gunakan masker ini sekali seminggu selama 2-3 bulan.


6. Sayuran hijau
Mengonsumsi sayuran hijau, serta menghindari rokok dan alkohol, juga mampu menyamarkan stretch mark. Rokok dan alkohol bisa menghilangkan pelembab alami penting tubuh, sehingga akan membuat stretch mark lebih terlihat. Selain itu, hindari berolahraga terlalu berat yang dapat mengakibatkan berat badan turun drastis. Oleh karena itu juga dapat memicu munculnya stretch mark.

7. Dengan cara banyak minum Air putih
Menjaga akan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, konsumsi air putih dengan jumlah cukup sesuai rekomendasi .

Cara Mencegah Stretch Mark agar tak terjadi Selama kehamilan

Untuk mencegah atau meminimalkan stretch mark selama kehamilan, Anda bisa mencoba tips berikut:

1. Meningkatkan elastisitas kulit dari dalam tubuh
Hal ini dapat dilakukan dengan memperoleh asupan vitamin dan mineral yang akan membuat kulit Anda menjadi elastis. Atau bisa juga dengan cara alami, yaitu dengan meningkatkan konsumsi sayuran, minum air putih dan konsumsi buah.

2. Menjaga kulit agar tetap lembab
Caranya dengan mengoleskan lotion pada kulit Anda. Atau Anda juga dapat menggunakan krim khusus anti-stretch untuk wanita hamil. Krim ini biasanya memiliki kelembaban yang lebih dari krim biasa. Penggunaan krim ini harus dimulai sejak dini, karena masih kecil dan belum terjadi banyak peregangan.

Perawatan kulit tubuh setelah kelahiran

Setelah melahirkan Anda masih dapat menggunakan krim atau dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak cendana. Jika stretch mark telah muncul, biasanya memang agak sulit untuk dihilangkan sepenuhnya.

Namun dengan perawatan yang rutin dan teratur pastinya akan sangat membantu mengurangi tampilan strech mark sehingga setidaknya akan tampak memudar. Demikian tips sehat dan cantik dari kami, semoga dapat bermanfaat bunda. Silahkan dibagikan :)

Cara menghilangkan stretch mark secara alami pada saat hamil dan setelah melahirkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar